Copyright © Al Hazmi's Blog
Design by Dzignine
Tuesday, April 15, 2014

Earth Hour Depok 29 Maret 2014

Hi reader! Long time no see!
Kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai aktivitas saya bersama komunitas yang akhir-akhir ini saya ikuti di bulan Februari hingga Maret bahkan hingga saat ini, lebih khususnya aktivitas saya pascasidang skripsi (he he he). Seharusnya cerita ini saya tulis beberapa minggu yang lalu, tapi tidak apalah, saya hanya ingin berbagi cerita saya saja kepada para pembaca, semoga saja pembaca suka (he he). So, check this out!

Okay!
First, pada akhir Februari 2014 ini, setelah sidang skripsi, saya punya plan untuk pulang ke kampung halaman bersama kakak kedua saya (saya anak ke-3 dari 4 bersaudara), sebelum saya persiapan untuk pulang kampung, saya melihat di timeline twitter saya, ada informasi bahwa Earth Hour Depok sedang mengadakan pendaftaran untuk volunteer Earth Hour Depok.
Oh iya! sebelum lanjut, saya beri sekilas dulu ya mengenai Earth Hour yang saya ketahui (selebihnya bisa reader baca di google. he he he). Pada awalnya, Earth Hour itu merupakan suatu kegiatan atau gerakan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature atau yang biasa dikenal dengan singkatan WWF. Kegiatan ini memiliki banyak sekali tujuannya, seperti hemat listrik, hemat energi, dan lain sebagainya yang intinya adalah untuk menyelamatkan Bumi tercinta kita. Kegiatan ini dilakukan diberbagai negara, dan di Indonesia sendiri sudah ada di lebih dari 30 kota, dan kota Depok adalah salah satunya. Aksi utama Earth Hour adalah memadamkan listrik yang tidak terlalu penting selama 1 jam yaitu jam 8:30 pm - 9:30 pm, aksi ini biasanya diselenggarakan di akhir bulan Maret. Akan tetapi, sebelum aksi puncak tersebut, Earth Hour juga mengadakan banyak aksi lainnya, seperti aksi hemat air, aksi menanam pohon, dan aksi-aksi hebat lainnya.

Nah! Itu sekilas mengenai Earth Hour, sekarang kembali ke topik awal. Setelah saya mengetahui info tersebut, terketuk hati saya untuk mendaftar dan akhirnya saya mendaftar menjadi volunteer Earth Hour domisili Depok. Tidak lama berselang setelah saya mendaftar, saya dapat kabar bahwa hari sabtu (saya lupa tepatnya tanggal berapa) ada aksi Car Free Day dan aksi Sampah, yaitu aksi mengumpulkan sampah di sekitar Universitas Indonesia. Hari pertama aksi itu saya tidak dapat hadir karena sudah janji untuk pulang kampung. So, I'm not came to that first action!

Next action adalah saat hari kertas dan tisu, yang diselenggarakan di awal bulan Maret dan that was my first action as Volunteer of Earth Hour Depok. Pada aksi kertas dan tisu, kami (EHD) melakukan sosialisasi mengenai kertas dan tisu di SD Negeri Depok Baru 3. Kami datang disambung dengan antusias oleh para Guru dan para Murid-murid SDN Depok Baru 3. We're very excited and really enjoyed on that moment! (^_^)

Aksi selanjutnya adalah hari air, yang diselenggarakan di pertengahan bulan Maret 2014. Di aksi ini kami melakukan sosialisasi dan ajakan untuk bijak dalam menggunakan air, yang dilakukan di area Universitas Indonesia pada hari minggu. Di aksi ini kami melakukan sedikit hiburan dengan melakukan flash mob di lapangan depan Rektorat UI dan dilanjutkan dengan sosialisasi serta mengajak warga di sekitar UI untuk bijak dalam menggunakan air. Di aksi ini kami menggunakan 2 maskot, yaitu Si Asih (air bersih) dan Si Ator (air kotor), yang mana maskot ini menunjukkan dampak yang terjadi bila kita bisa bijak air dan dampak yang terjadi bila kita mengotori air.

And the last action is celebration of Earth Hour 2014. Aksi terakhir ini dilaksanakan tanggal 29 Maret 2014, yang mana aksi ini diselenggarakan di seluruh dunia, kalau tidak salah ada 157 negara di dunia dan 37 kota di Indonesia yang melakukan aksi ini, what a wonderful action right?. Kota Depok didukung penuh oleh pemerintah Kota Depok dalam melaksanakan hari selebrasi Earth Hour Depok ini. 

Full support from Depok city government
Suka dan Duka dialami selama acara, dari acara yang terlambat dikarenakan cuaca yang kurang baik yaitu hujan deras melanda kota Depok, tapi bersyukur sekali kondisi tersebut tidak terjadi lama dan acara dapat dilaksanakan dengan baik walau terlambat kurang lebih 1 jam. Di aksi ini, EHD sedikit terlambat dalam memadamkan listrik dikarenakan beberapa faktor diluar kendali kami, yang seharusnya jam 8.30 pm listrik sudah harus padam, tapi ternyata telat hingga 15 menit, sehingga jam 8.45 pm listrik di seluruh gedung pemerintah kota Depok baru dipadamkan, tetapi lamanya waktu tetap selama 60 menit. Terima kasih kepada Tuhan, karena atas karunianya acara selebrasi Earth Hour 2014 di kota Depok berjalan dengan baik walau pada akhir acara kami mendapat sedikit masalah, tapi semua sudah teratasi dengan baik. Oh iya, selain pemerintah kota Depok, Margo City, Juliette Cafe, dan beberapa tempat lainnya juga melakukan aksi pemadaman di jam 8.30 pm - 9.30 pm, dan itu membuat kami sangat sangat bahagia! You're amazing guys! (^_^)

#IniAksiKu Mana AksiMu !!

Closing of Earth Hour 2014 celebration by community in Depok

Being crazy after celebration (lol) ~ and then we said "Ini Aksiku! Sampai jumpa di Earth Hour Selanjutnya!"



0 comments:

Post a Comment