Copyright © Al Hazmi's Blog
Design by Dzignine
Sunday, March 2, 2014

Undergraduate Thesis (UG Sarmag 2010)

Hi Reader! How're you today guys? Hope you are always in great day! Today I want to share my story about my undergraduate thesis to my undergraduate thesis defense.
Cerita ini tidak selengkap kejadian nyatanya, tapi secara garis besarnya saja he he he... Seharusnya cerita ini, saya tulis dari sebelum-sebelumnya, tapi karena saya terlalu menikmati hari libur saya, jadinya lupa deh, he he he.. Oke kalau begitu! Berikut adalah cerita saya mengenai pembuatan skripsi dan sidang skripsi saya yang BIASA dan memiliki kualitas yang STANDAR (ha ha ha.. lol). Here you go!

November, 28 2013. Tanggal ini adalah tanggal yang tertera pada SK Skripsi kami (mahasiswa S1 sarmag 2010). Saya mendapatkan SK itu pada awal desember yang berarti kurang lebih 1 minggu setelah SK tersebut keluar, dan pada SK tersebut tertera bahwa kami harus menyelesaikan skripsi kami dalam waktu 3 bulan. For God Sake! 3 Bulan itu cukup singkat, apalagi kami akan menghadapi libur tahun baru yang cukup lama (lol) dan belum lagi judul yang belum dipersiapkan (huhu). Saya berusaha santai dalam menghadapinya, mungkin karena sangat santai saya jadi suka lupa untuk bimbingan ke dosen pembimbing saya.

Mid-December 2014. Pada pertengahan desember, alhamdulillah judul saya diterima oleh supervisor saya, yang sebenarnya beliau menerima setiap ide penelitian dari mahasiswanya, selama penelitian itu worth to be published. Judul yang saya ajukan adalah mengenai VoIP atau Voice over IP dengan judul "Implementation and Analysis Quality of Service Voice over IP on WAN" (Ini judul setelah direvisi di pertengahan Januari 2014). Setelah judul saya diterima oleh dosen pembimbing saya, saya langsung belajar dan belajar, karena jujur saja, saya belum memahami betul tema yang saya ambil ini, saya berpikir bahwa VoIP lagi sangat dibutuhkan dan juga ini merupakan ide dari kakak tertua saya. Setelah mempelajari beberapa hal yang saya pikir sudah cukup, akhirnya saya mencoba mengimplementasikan VoIP untuk jaringan LAN terlebih dahulu, dan voila! dalam kurang lebih 3 hari, saya berhasil mengimplementasikan VoIP pada jaringan LAN (alhamdulillah). Day after day, saya gunakan untuk belajar dan bimbingan ke supervisor saya, karena kan tidak lama lagi akan libur tahun baru (hehe).

January, 5 2014. I'm getting serious! lol. On these day, saya benar-benar sangat fokus karena dari sekretariat bilang bahwa sidang skripsi akan dilaksanakan akhir Januari dan sedangkan pada hari itu saya belum melanjutkan skripsi saya yang masih pada jaringan LAN (huhu). So, I gave my time for this research!. Alhamdulillah, dalam kurang lebih 3 hari saya berhasil mengimplementasikan VoIP pada jaringan WAN, I'm so happy!. Setelah berhasil, saya mempresentasikan hasil tersebut ke supervisor saya dan alhamdulillah, beliau menyukainya dan menyuruh saya untuk melanjutkan ke analisa dan selesaikan penulisan. Yeay! I'm on fire! Boom! Boom! Boom! (lol). Day after day, saya mengerjakan analisa dan penulisan yang cukup memakan banyak waktu, yaitu kurang lebih 2 minggu. Setelah penulisan dan analisa saya selesai, saya lanjutkan dengan mempresentasikan lagi analisa saya ke supervisor saya, dan alhamdulillah, beliau menerima baik hasil tersebut, dan mengatakan saya siap untuk maju sidang. Alhamdulillah.

February, 11 2014. Hari itu adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh saya. Ya! Pada tanggal itu adalah tanggal dimana saya melaksanakan sidang skripsi saya dan yang pada tanggal itu juga pengumuman apakah saya sudah pantas menyandang gelar Sarjana Teknik atau belum. Deg-deg-an sangat adalah pada saat menunggu untuk dipanggil sidang. Gimana gak deg-deg-an, toh ini adalah hari penentuan yang sangat penting bagi kehidupan saya (lebay dikit, haha). Finally, saya dipanggil untuk maju sidang dan alhamdulillah, sidang berjalan dengan lancar walau tadi cukup panik dan grogi saat ditanya-tanya teori mulu (ya... wong saya lebih pelajari konsep dan pengujiannya, teorinya jadi kelupaan. Haha). Pada hari itu juga, tepatnya jam 2 siang, di depan para dosen panitia sidang skripsi dan di depan para dosen-dosen pembimbing serta penguji, kami para mahasiswa yang berjumlah kurang lebih 55 mahasiswa diumumkan apakah kami pantas untuk menyandang gelar Sarjana atau belum. Alhamdulillah! Allah Maha Besar, Allah Maha Baik, kami semua lulus 100%.

Big thanks to Allah, my big family who always support and pray the best for me, my classmate, my friends everywhere they're, my great supervisor, my lecturers, and everyone who give me chance to finish this undergraduate thesis. Big thanks to you all! Love you all! :-)

Best Regards,
Qisthi Alhazmi H R, S.T

Have a wonderful day guys and girls!

0 comments:

Post a Comment